Starbucks akan Membuka Gerai di Papua
Sorong, 2 Maret 2020 Starbucks secara resmi mengumumkan akan membuka dua gerai terbaru di Papua, pada 27 Februari 2020 lalu.
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Starbucks, Diana Mall dan Jayapura Mall, disaksikan oleh tokoh-tokoh penting di sela-sela forum Green Investment untuk Papua dan Papua Barat untuk tahun mendatang. Tokoh penting sekaligus pembicara utama, Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Kelautan dan Investasi Republik Indonesia) menyaksikan pengumuman Starbucks bersama dengan Bahlil Lahadalia (Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM), Dominggus Mandacan (Gubernur Provinsi Papua Barat), Klemen Tinal (Wakil Gubernur Provinsi Papua) dan Paul Polman (Perwakilan dari Kamar Dagang Internasional).
Dua gerai Starbucks akan dibuka pada Agustus tahun ini, tepat pada waktunya sebagai bagian dari selebrasi Pekan Olahraga Nasional pada Oktober mendatang.
Hadir di acara tersebut, Steven Tan, pemilik Diana Mall di Timika mengatakan, “Kami senang karena Starbucks akhirnya akan hadir di sini, terlebih karena salah satu gerai pertamanya di kota ini akan hadir di Diana Mall. Kami di sini sudah siap untuk menyambut berbagai merek ternama lainnya.”
Untuk ibukota provinsi Papua, Jayapura, Starbucks akan hadir di Jayapura Mall. Perwakilan dari Jayapura Mall yang hadir pada saat penandatanganan adalah Johannes Willem Makatita, yang menyatakan kegembiraannya terkait pengumuman ini, “Pelanggan kami di Jayapura Mall sering bepergian dan selalu bertanya kapan Starbucks akan hadir di kota ini – akhirnya permintaan mereka terjawab. Kami senang dapat menjadi tuan rumah bagi Starbucks di mall kami dan menjadi pelopor untuk memperkenalkan merek-merek terbaik.”
Starbucks di Indonesia beroperasi di bawah lisensi dari PT Sari Coffee Indonesia, anak perusahaan dari raksasa ritel PT Mitra Adiperkasa, Tbk (MAP). CEO PT Sari Coffee Indonesia, Anthony Cottan, yang menjadi pusat acara penandatanganan, menunjukkan antusiasme untuk terus memperkenalkan Starbucks ke kota-kota baru. Peristiwa ini pun menandakan ekspansi bisnis Starbucks ke kota yang ke-33 dan 34 di Indonesia. Anthony Cottan menyatakan, “Ini merupakan ambisi kami untuk memastikan keberadaan kami yang inklusif dan dapat diperoleh oleh semua orang di Indonesia. Hingga akhirnya kami berhasil mengelola untuk mengamankan lokasi terbaik di Timika dan Jayapura, tentunya tidak hanya akan memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk merasakan Starbucks Experience, tetapi juga untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Papua, meningkatkan kesadaran akan kopi yang spesial, dan menunjukkan dukungan serta tekad kepada pemerintah untuk mempercepat pembangunan di Papua.”
Tentang Starbucks
Sejak 1971, Starbucks Coffee Company telah berkomitmen untuk secara etis mencari dan memanggang kopi Arabika berkualitas tertinggi di seluruh dunia. Hari ini, dengan lebih dari 30.000 gerai di seluruh dunia, Starbucks adalah roaster utama dan peritel kopi spesial di dunia. Melalui komitmen yang kuat terhadap keunggulan dan guiding principles, Starbucks akan terus menghadirkan Starbucks Experience yang unik untuk pelanggan dalam setiap cangkirnya. Untuk berbagi pengalaman, silakan mengunjungi gerai kami atau secara online melalui Starbucks Stories atau Starbucks.com.
Tentang PT Sari Coffee Indonesia
PT Sari Coffee Indonesia berdiri berkat kemitraan antara Starbucks Coffee International dan PT Mitra Adiperkasa Tbk, salah satu perusahaan barang-barang bermerek dan department store paling dikenal di negara ini. Ini juga merupakan satu-satunya perusahaan yang secara eksklusif memiliki lisensi untuk mengatur dan mengoperasikan Starbucks di Indonesia. Di Tanah Air, semua makanan dan minuman yang dijual di dalam gerai telah bersertifikat Halal.
Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk
MAP telah mengoperasikan lebih dari 2.200 gerai ritel di 76 kota di Indonesia. Gerai-gerai utama yang dioperasikan Perusahaan antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu dan Galeries Lafayette; Fashion & Lifestyle: Zara, Massimo Dutti, Pull & Bear, Stradivarius, Marks & Spencer, Topman, Topshop, Lacoste, Kipling, Swarovski, Mango dan Sephora; Sports: Planet Sports.Asia, Sports Station, The Athlete’s Foot, Golf House, Skechers, New Balance, Asics, Converse, Reebok, Airwalk, Payless, Birkenstock, Staccato, Clarks, Kidz Station, Lego, Smiggle dan Hasbro; Food & Beverage: Starbucks, Genki Sushi, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Paul Bakery, Burger King dan Domino’s Pizza; Others: Digimap, Kinokuniya dan Alun Alun Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang MAP, kunjungi www.map.co.id.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Kiki Mochamad Rizki
Division manager, public relations and csr
PT Sari Coffee Indonesia
kiki.rizki@starbucks.co.id